Monday, March 8, 2010

Mengajak Pelanggan Berbicara


Promosi sangat berkaitan dengan distribusi dalam menyampaikan suatu produk ke pelanggan akhir. Promosi ini secara garis besar memiliki tiga tujuan, yaitu untuk menginformasikan, untuk membujuk, atau untuk mengingatkan pelanggan. Promosi bisa dipakai untuk menginformasikan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya. Promosi juga bisa dipakai untuk membujuk pelanggan untuk membeli sekarang juga atau supaya pelanggan melakukan pergantian merek. Promosi sering juga digunakan untuk mempertahankan kesadaran merek, mengingatkan pelanggan di mana harus membeli produk, dan sebagainya.

Promosi sifatnya searah, dari produsen ke pelanggan. Hampir tidak ada interaksi sama sekali antara perusahaan dan pelanggan ataupun antar pelanggan sendiri. Kebenaran yang ada hanya satu versi, yaitu versi perusahaan. Misal,: iklan-iklan di televisi yang sifatnya satu arah, sebenarnya sudah tidak efektif lagi mengingat jumlah stasiun televisi semakin banyak dan pasar sasaran-nya terlalu luas. Ditambah lagi biayanya terlalu mahal.


0 comments:

Post a Comment

 

Rizky Cici Design by timeline © 2010